Hafizul Hamdi

Forkopesdam Minta Bendungan Dibuka.

Forum Komunikasi Petani, Pedagang Ikan Salingka Danau Maninjau (Forkopesdam) pagi tadi kembali mendatangi Pos Pengamanan dan pemantauan intake PLTA Maninjau, tujuan kali ini menindak-lanjuti aksi kemaren dalam rangka membuka pintu bendungan yang ada dimulut Batang Antokan sebagai akses pembuangan air Danau Maninjau.
Kedatangan rombongan berjumlah 10 orang ini diketuai oleh ketua Forkopesdam sendiri Irzal SS, M.Pd, yang merupakan perwakilan dari masyarakat salingka danau, khususnya para petani KJA.

Dari hasil musyawarah dengan pihak PLN disepakati bahwa bendungan 2 pintu itu akan dibuka maksimal, 1 buka atas dan 1 lagi buka dibawah.

Setelah proses pembukaan dilaksanakan dalam rentan waktu 30 menit, ikan-ikan yang awalnya mengapung mencari oksigen, perlahan mulai berenang karena sudah adanya arus air.

"pembukaan pintu air ini merupakan salah-satu solusi untuk meminimalisir kondisi danau yang saat itu tengah mengalami tubo akibat sendimen danau, dan kami ingin pintu bendungan ini memang selalu difungsikan seperti alaminya sebagai pembuangan kotoran danau yang selama ini terjadi" ungkap ketua Forkopesdam Irzal SS, M.Pd.

Tentu kita semua berharap Danau Maninjau tetap kondusif untuk semuanya, dengan tidak ada pihak yang dirugikan baik itu pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url